Ini Merupakan blog pribadi saya, sebagai arsip pribadi yang bisa disaksikan untuk umun dan semoga bermanfaat, Berisi Ilmu Pendidikan, Info Unik, Terbaru, Cerita Seru, Tugas Kuliah, dan Masih banyak lagi.

Monday 11 May 2015

TIGA VARIABEL PEMBELAJARAN


 

Variabel pembelajaran diklasifikasikan menjadi 3 macam yaitu :
a.      Kondisi pembelajaran
Yaitu : faktor yang mempengaruhi metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Reigeluth dan Merrill mengelompokkan kondisi pembelajaran menjadi 3 yaitu :
1.      Tujuan dan karakteristik bidang studi Mengacu kepada hasil pembelajaran yang diharapkan.
2.      Kendala dan karakteristik bidang studi, Berkaitan dengan tingkat kecermatan suatu media dalam menyampaikan pembelajaran, kemampuan khusus yang dimiliki oleh suatu media, serta pengaruh motivasional yang mampu ditimbulkannya. Kendalanya adalah keterbatasan sumber-sumber, seperti media, waktu, personalia, dan uang.
3.      Karakteristik siswa, Adalah aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa seperti bakat, motivasi belajar dan kemampuan awal (hasil belajar) yang telah dimilikinya.
b.      Metode pembelajaran
Yaitu : cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
1.      Strategi pengorganisasian, Adalah metode untuk mengorganisasi isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran.
2.      Strategi penyampaian, Adalah metode untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa untuk menerima serta merespon masukan yang berasal dari siswa.
3.      Strategi pengelolaan. Merupakan metode bagaimana menata interaksi antara si belajar dengan variabel metode pembelajaran lainnya.
c.       Hasil pembelajaran
Yaitu  semua efek sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran d ibawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3, yaitu :
1.      Keeektifan, Diukur dengan tingkat pencapaian isi belajar.
2.      Efisien, Diukur dengan rasio antara kesefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya pembelajaran yang digunakan.
3.      Daya tarik. Diukur dengan mengamati kecenderungan siswa untuk tetap belajar.
Berdasarkan pendapat Reigeluth dan Merrill tentang hasil pembelajaran diperkuat oleh taksonomi Bloom dkk bahwa mengukur hasil pengajaran dalam proses pembelajaran didasarkan pada tipe isi bidang studi diklasifikasi menjadi 3 ranah yaitu :
Ranah kognitif terdiri dari : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian.
Ranah sikap terdiri dari : menerima, merespon, menghargai, mengorganisasi, karakteristik.
Ranah psikomotor terdiri dari : persepdi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.

sumber:
B. Uno Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Angkasa, 2014

TIGA VARIABEL PEMBELAJARAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: In sepiring inovation

0 komentar:

Post a Comment