Variabel pembelajaran
diklasifikasikan menjadi 3 macam yaitu :
a. Kondisi pembelajaran
Yaitu : faktor yang mempengaruhi metode dalam meningkatkan hasil
pembelajaran. Reigeluth dan Merrill mengelompokkan kondisi pembelajaran menjadi 3 yaitu :
1. Tujuan
dan karakteristik bidang studi
Mengacu
kepada hasil pembelajaran yang diharapkan.
2. Kendala
dan karakteristik bidang studi, Berkaitan dengan tingkat kecermatan suatu media
dalam menyampaikan pembelajaran, kemampuan khusus yang dimiliki oleh suatu
media, serta pengaruh motivasional yang mampu ditimbulkannya. Kendalanya adalah
keterbatasan sumber-sumber, seperti media, waktu, personalia, dan uang.
3. Karakteristik
siswa, Adalah aspek-aspek atau
kualitas perseorangan siswa seperti bakat, motivasi belajar dan kemampuan awal
(hasil belajar) yang telah dimilikinya.
b. Metode pembelajaran
Yaitu : cara-cara yang berbeda untuk
mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
1. Strategi
pengorganisasian, Adalah
metode untuk mengorganisasi isi bidang studi yang telah dipilih untuk
pembelajaran.
2. Strategi
penyampaian, Adalah
metode untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa untuk menerima serta
merespon masukan yang berasal dari siswa.
3. Strategi
pengelolaan. Merupakan
metode bagaimana menata interaksi antara si belajar dengan variabel metode
pembelajaran lainnya.
c.
Hasil pembelajaran
Yaitu semua efek
sebagai indikator tentang nilai
dari penggunaan metode pembelajaran d ibawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3, yaitu :
1. Keeektifan, Diukur dengan tingkat
pencapaian isi belajar.
2. Efisien, Diukur dengan rasio
antara kesefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya
pembelajaran yang digunakan.
3. Daya
tarik. Diukur dengan mengamati
kecenderungan siswa untuk tetap belajar.
Berdasarkan pendapat Reigeluth dan Merrill
tentang hasil pembelajaran diperkuat oleh taksonomi Bloom dkk bahwa mengukur hasil pengajaran
dalam proses pembelajaran didasarkan pada tipe isi bidang studi diklasifikasi
menjadi 3 ranah yaitu :
Ranah kognitif terdiri dari : pengetahuan,
pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian.
Ranah sikap terdiri dari : menerima, merespon, menghargai,
mengorganisasi, karakteristik.
Ranah psikomotor terdiri dari : persepdi,
kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan kompleks,
penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.sumber:
B. Uno Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Angkasa, 2014
0 komentar:
Post a Comment