Ini Merupakan blog pribadi saya, sebagai arsip pribadi yang bisa disaksikan untuk umun dan semoga bermanfaat, Berisi Ilmu Pendidikan, Info Unik, Terbaru, Cerita Seru, Tugas Kuliah, dan Masih banyak lagi.

Monday 11 May 2015

PENDEKATAN SISTEM DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN



Kata sistem (system) dapat dimaknai sebagai metode (method), rencana (plan), aturan (order), keteraturan (regularity), kebiasaan (rule), susunan rencana (scheme), jalan, cara (way), kebijakan (policy), kecerdasan (artifice), susunan aturan (arrangement), rencana (program).
Pendekatan sistem pada pembelajaran bertujuan agar kita dapat mengerti masalah pengajaran sebagai keseluruhan secara tuntas dan dapat mendalami pula apa bagian-bagiannya. Selain itu diharapkan kita dapat memahami pula cara bagaimana masing-masing bagian itu saling berinteraksi, saling berfungsi dan saling bergantung di dalam sebuah sistem untuk mencapai tujuan pembelajaran .
Pendekatan sistem merupakan alat untuk menemukan sifat-sifat penting dari sistem yang bersangkutan, yang kemudian memberikan keterangan-keterangan kepada kita mengenai perubahan-perubahan apa perlu dilakukan untuk memperbaiki sistem tersebut.

FUNGSI-FUNGSI SISTEM

Untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan, di perlukan berbagai fungsi yang beraktivitas. Misalnya seorang manusia yang agar bisa dapat hidup dan menunaikan tugasnya di dalam dirinya di perlukan adanya kordinasi dan penggerak, fungsi pernapasan, pungsi perenvanan makanan, fungsi peredaran darah pungsi pengindraan fungsi perlindungan terhadap penyakit dan berbagai bahaya serta pungsi pembiakan dan lain-lain

KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM


Agar terlaksana masing-masing fungsi yang menunjang  usaha pencapaian tujuan di dalam suatu sistem diperlukan bagian bagian yang melaksanakan fumgsi tersebut. Bagian suatu sistem yang melaksanakan fumgsi untuk menunjang usaha untuk mencapai tujiuan tersebut di sebut kompenen.
Komponen yang melakukan proses tranpormasi disebut subsistem karna masing masing bagian komponen itu sesungguhnya adalah sutu sistem pula. Sebagai sistem tersendiri masing-masing komponen itu juga mempunyai tujuan dan terdiri atas komponen-komponen yang lebih kecil yang melaksanakan funsi-fungsi yang mendukung pencapaiaan tujuan itu.

INTERAKSI ATAU SALING HUBUNGAN


Semua komponen daloam sistem pembelajaran haruslah saling berhubungan satu sama lain.sebagai missal dalam proses pembelajaran di sajikan penyampaian pesan melau media OHP maka di perlukannya aliran listrik untuk membantu memberikan sisnar dalam jaringan OHP. Jika aliran listrik tida berjalan akan menimbulkan kesulitan bagi guru dalam melangsungkan
pembelajaran.

PENGGABUNGAN YANG MENIMBULKAN JARINGAN KETERPADUAN


Penggabungan yang menimbulkan  jaringan keterpaduan ini berdsasar  pada  hukum  gestallt yang menyatakan bahawa suatu keseluruhan itu mempunyai nilai atau kemampuan yang lebih tinggi apabila di bandingkan dengan jumlah bagian-bagian . dalam kaitan dengan pembelajaran para guru sebaik nya menjalin keterpaduan antara sesame guru, antara guru dengan siswa, atau antara materi, guru, media, dan siswa.
Proses transportasi semua sistem mempunya sistem untuk suatu maksud atau tujuan tertentu.untuk itu diperlukan sebuah hasil yang mengubah masukan ( input) menjadi hasil  ( output).
Hasil yang di keluarkan oleh suatu sistem  kepada atau beberapa sistem lainnya sebagai masukan akan di peruses lebih lanjut. Pemrosesan kedua akan menghasilkan suatu yang di  keluarkan oleh sistem pemrosesan dan di tamping lagi oleh sistem lainnya lagi.demikian seterusnya sampai input yang masuk ini diproses menjadi output yang siap setelah melalui beberapa tahapan transformasi.

sumber:

-          B. Uno Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Angkasa, 2014

PENDEKATAN SISTEM DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: In sepiring inovation

0 komentar:

Post a Comment