Ini Merupakan blog pribadi saya, sebagai arsip pribadi yang bisa disaksikan untuk umun dan semoga bermanfaat, Berisi Ilmu Pendidikan, Info Unik, Terbaru, Cerita Seru, Tugas Kuliah, dan Masih banyak lagi.

Thursday 4 December 2014

Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi dalam Kehidupan Manusia

Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu teknologi, dalam beberapa bidang , misalnya ilmu kedokteran, ilmu farmasi , dan ilmu terapan lainnya.
Peranan ilmu alamiah dan ilmu teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain :
A. Materi
     Materi yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menempati ruang sedangkan energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain.energi terdapat dalam berbagai bentuk yaitu energi listrik,cahaya,energi kimia, energi panas, energi gerak dll
B. Energi dapat dirubah dari bentuk satu ke bentuk lain , energi itu kekal adanya energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
1. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
2. PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
3. PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)

Mesin - mesin perkembangan teknologi diantaranya :
a. mesin bakau
b. mesin diesel
c. jet
d. roket dan nuklir

Kehadiran ilmu pengetahuan modern seperti listrik,teknologi nuklir,nioteknologi,komputer,radio telekomunikasi dan teknologi antariksa merupakan kemajuan yang dihasilkan dalam abad ini. kemajuan dalam bidang teknologi dirgantara telah mendorong kemajuan di berbagai bidang seperti telekomunikasi ,pendidikan,pertanian,kehutanan,pertambangan dan energi, pertumbuhan industri,menajemen dumberdaya alam,kesehatan,lingkungan dsb. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menigkatkan kemandirian serta daya saing bangsa sehingga akan berdampak pada kuatnya ketahanan nasional dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis.

Peranan Teknologi
Indonesia telah cukup lama memperoleh manfaat yang besar dari aplikasi teknologi dirgantara seperti transportasi udara,telekomnunikasi,penginderaan jauh,observasi bumi dan lingkungan,navigasi,geodesi dsb. terkait dengan permasalahan tersebut, teknologi dirgantara telah memberikan banyak manfaat salah satunya adalah pemanfaatan teknologi satelit untuk penginderaan jauh (remote sensing). Teknologi penginderaan jauh tersebuy memberikan berbagai informasi vital terkait dengan pertanian,kehutanan,menajemen lahan,pemetaan laut,perikanan,kehutanan,menajemen lahan,menajemen banjir dan bencana alam.
Seperti yang telah kita ketahui sasaran ilmu pengetahuan itu adalah alam semesta dan segala isinya, baik berupa makhluk hidup maupun makhluk tak hidup, alam semesta dan segala isinya itu dapat kita bagi menjadi dua,yaitu : Materi dan Energi.
 Yang dimaksud dengan materi adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruang.Contoh: meja, kursi, gunung, awan, udara dan lain lain.
Adapun energi adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ketempat lain. Energi mempunyai berbagai bentuk. Ia biasa berupa panas, gerak, cahaya dan sebagainya. Disamping itu energ dapat pula berubah bentuk. Energi dalam bentuk panas, misalnya menjadi energi mekanik, listrik dan lain-lain. Perubahan ini terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap.
Seperti yang telah kita ketahuai bahwa manusia sabagai makhluk hidup yang lebih unggul dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Hal itu terjadi karena manusia mampu mencipta dan menggunakan alat-alat. Salah satu alat yang menakjubkan dan sangat membantu kehidupan manusia adalah mesin-mesin. Miasalnya; lemari es, computer, dan berbagai alat yang bermanfaat lainnya

a. Pangan (Makanan)
Dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi ada yang positif dan juga ada yang negatif.
Dampak positif dari bidang pangan  di antaranya adalah:
1. Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat produksinya dapat berlipat ganda.
2. Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi yang lebih besar bila dibanding dengan menggunakan tenaga manusia.
3. Diterapkannya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara yang lebih baik sehingga produksi bertambah banyak.
 4. Digunakannya bioteknologi untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah.
Dampak negatifnya, antara lain:
pemakaian pestisida yang tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh  hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni manusia sendiri.
b. Sandang (Pakaian)
Dampak positif, antara lain:
1. Menolong manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakaian.
2. Telah ditemukannya serat sintesis, baik yang membuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasil sulingan batubara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat-serat sintesis, seperti poliester.
3. Dengan serat sintesis pembuatan tekstil  dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif, antara lain:
1. Bahan-bahan yang berupa polimer sintesis (plastik), jika menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.
2. Sampah plastik jika dibakar akan menyebabkan menipisnya ozon, tetapi jika tidak dibakar dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.
c. Papan (tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol dan dalam beberapa detik saja sudah sampai di lantai yang dituju.
Dampak negatifnya, antara lain:
1. Dengan peralatan modern, dengan mudah mengeksploitasi hasil hutan untuk keperluan papan, mengakibatkan hutan gundul dan akhirnya menyengsarakan manusia sendiri.
2. Dengan diterapkannya teknologi modern, tenaga manusia banyak yang tidak terpakai lagi sehingga banyak terjadi pengangguran




Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi dalam Kehidupan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: In sepiring inovation

0 komentar:

Post a Comment