Ini Merupakan blog pribadi saya, sebagai arsip pribadi yang bisa disaksikan untuk umun dan semoga bermanfaat, Berisi Ilmu Pendidikan, Info Unik, Terbaru, Cerita Seru, Tugas Kuliah, dan Masih banyak lagi.

Wednesday 26 October 2016

Filsafat Hukum




Untuk pengertian filsafat hukum sangat banyak sekali para ahli yang memberikan definisi mengenai apa itu filsafat hukum, namun pada dasarnya filsafat hukum adalah sebuah pengkajian atau pemikiran mendalam mengenai hukum oleh para filusuf atau para ahli filsafat. Namun pengertian filsafat hukum dalam dimensi pengertian umum filsafat  dapat diartikan sebagai :
1.      Cinta akan kebijaksanaan mengenai hukum
2.      Refleksi kritis manusia untuk memperoleh makna yang radikal dan integral mengenai hukum
3.      Suatu sikap terhadap normahukum dan politik-politik hukum atau realitas yang berhubungan dengan hukum
4.      Pandangan hidup yang berkaitan dengan hukum. Dalam hal ini berkaitan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam hukum.
5.      Sebuah seni bertanya tentang hukum
6.      Metode atau cara pendekatan terhadap hukum
7.      Ilmu atau ilmu filsafat hukum
8.      Filsafat hukum dapat diartikan juga sebagai cara mengkaji hukum secara filsafat atau dengan menggunakanmetode-metode filsafat.
Seperti itulah filsafa hukum  dalam dimensi pengertian umum filsafat, beberapa ahli juga mendefinisikan filsafat hukum seperti Soetikno, yang mendefinisikan filsafat hukum mencari hakikat daripada hukum yang menyelidiki kaidah hukum sebagai pertimbangan nilai-nilai. Sedangkan Soedjono Dirjosisworo mendefinisikan filsafat hukum adalah pendirian atau penghayatan kefilsafatan yang dianut orang atau masyarakat atau Negara tentang hakikat, ciri-ciri serta landasan berlakunya hukum. Selain dari kedua definisi tersebut masih banyak definisi menurut para ahli yang lain.

Sumber:
Kusumohamidjojo, B. (2011). Filsafat Hukum Problematika Ketertiban Yang Adil. Bandung: Mandar Maju.
Rasjidi, L., & Ira, T. R. (2003). Pengantar Filsafat Hukum. Bandung: Mandar Maju.

Filsafat Hukum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: In sepiring inovation

0 komentar:

Post a Comment