Ini Merupakan blog pribadi saya, sebagai arsip pribadi yang bisa disaksikan untuk umun dan semoga bermanfaat, Berisi Ilmu Pendidikan, Info Unik, Terbaru, Cerita Seru, Tugas Kuliah, dan Masih banyak lagi.

Tuesday 24 March 2015

NASEHAT UNTUK REMAJA


Oke bro sist sekarang saya akan mencoba posting seputar remaja, yah tujuannya si itung-itung buat nyadarin diri sendiri, tapi yah umumnya bagi semua yang membaca, oke selamat membaca semoga bermanfaat apa yang saya pikir dan saya tuliskan disini.



Remaja….. mendengar kata tersebut apa yang ada dibenak anda sekalian, mungkin yang tercermin dibenak anda adalah sesosok pria atau wanita yang tentunya masih menyandang status belum kawin hahaha kalau yang masih belasan tahun udah jadi janda atau duda apakah masih disebut remaja????? Ahhh sudahlah jangan dibahas lagi tentang itu, sekarang saya akan kembali ke topik awal yaitu REMAJA, yah dimana pada masa ini adalah masa seseorang mencari jatidirinya dan masa remaja ini merupakan masa dimana seseorang selalu ingin banyak tahu tentang banyak hal. Namun berkaitan dengan hal itu kita tahu dimana pada masa remaja ada kalanya kalau remaja itu merasa sebagai raja dimana remaja tersebut bias merasa bahwa dirinyalah segalanya, dirinyalah penguasa, dan tidak sering remaja berfikir “apa yang saya tidak bias lakukan” atau “jika orang lain bisa saya juga pasti bisa” dan pada intinya masa remaja itu masa dimana remaja selalu ingin bias mendapatkan apa yang diinginkannya atau juga ingin bias meniru bahkan melebihi apa yang dilakukan orang lain, mungkin semua itu terkesan arogan tapi dibalik semua itu ada sisi positifnya dimana semua itu bias menjadi motivasi remaja untuk dapat menemukan jatidirinya dan menggali potensi yang ada pada dirinya.
Remaja memang bukan lagi kanak-kanak yang dalam istilahnya selalu disuapi oleh orangtuanya, namun remaja juga sama-sama memerlukan bimbingan dari orang tua, bahkan remaja memerlukan bimbingan dan pengawasan lebih dari orang tua karena remaja juga telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lebih.
Apalagi mengingat zaman sekarang yang serba maju dengan adanya era globalisasi semuanya dapat mudah ditemukan, instan, murah, dan gampang bagi para remaja untuk bergaul, pada dasarnya kenmajuan ini memang memberikan banyak dampak tergantung bagaimana yang menggunakan kemajuan ini. Salah satunya adalah pada media social atau sebut saja dunia maya yang mudah untuk diakses, apalagi bagi mereka yang mempunyai alat akses yang mendukung, salah satunya adalah gadget atau telepon genggam atau HP atau smartphone, atau apalah terserah itu namanya. Dari alat-alat tersebut remaja dapat mudah mencari dan bergaul maka dari itu remaja harus dapat menggunakan alat-alat tersebut sebaik dan semanfaat mungkin.
Media social, yah merupakan media yang banyak dipakai saat ini untuk berkomunikasi, curhat, bisnis atau apapun itu yang salah satunya digunakan oleh remaja, yang memanfaatkan media tersebut. Nah salah satunya digunakan sebagai “TEMPAT PELAMPIASAN” bagi para remaja disaat remaja tersebut tidak memiliki teman atau apalah untuk menyampaikan kebahagiaan atau keluh kesah yang dialaminya biasanya sebagian remaja lebih memilih media social untuk mencurahkan semua itu. Terkadang mereka menggunakan sebuah kata-kata mutiara atau kata-kata motivator untuk membuat dirinya terasa hidup kembali atau salah satunya dengan mendengarkan lantunan lagu yang berkaitan dengan apa yang sedang remaja tersebut rasakan.
Kembali pada topic di atas nih nasehat hahaha tadi ternyata ngelantur dulu ya…. Untuk menasehati remaja tidaklah mudah, karena mereka telah banyak tahu dan jika diberi nasehat remaja kadang mendengarkan tapi mereka berfikir kembali dengan nasehat yang disampaikan tersebut apakah mereka akan bias melakukannya dengan senang hati atau susah untuk menjalankannya.
Mengingat hal itu saya punya solusi nih bagi para remaja ataupun orangtua, pada dasarnya hampir semua remaja menyukai music, dan sering mengambil makna dari lirik lagu yang didengarkannya entah itu sebagai rasa bahagia, sesuai dengan curahan hati, motivasi dan lain sebagainya…….
Ada sebuah lagu yang menyampaikan sebuah nasehat dan bagi saya lagu ini memang memiliki makna yang sangat dalam bagi para remaja dan umumnya sih bagi semua yang mendengarkan, tapi lagu ini bukanlah lagu yang dibawakan oleh Rhoma Irama yang terkenal dengan raja dangdut, bukan lagu yang dibawakan oleh Michel Jacson, bukan lagu yang berasal dari boy atau girl band yang banyak diidolakan oleh para remaja, bukan juga lagu dari grup band Noah yang menyanyikan lagu Ayah, tapi ini adalah sebuah lagu nasehat yang lahir dari tanah sunda, yang berisi pesan atau nasehat dari seorang ayah untuk anaknya dengan penuh kasih saying, lagu ini merupakan lagu dari musisi tanah sunda  yaitu kang “Oon B” lagunya berjudud “JANG” atau dalam bahasa Indonesia “jang” itu merupakan sebutan untuk anak laki-laki, nah sekarang cob abaca dan resapi lirik lagu ini hehehe………

Jang, Hirupteh teu gampang
Teu cukup kudipikiran bari kudu dilakonan
Jang, jalan kahirupan henteu salawasna datar
Aya mudun jeung tanjakan
Kudu sabar dina kurang
Ulah nepak dada beunghar
Salawasna kudu syukur, eling kanu maha agung
Kade hidep bisi kufur

Jang cing jadi jalma hade
Sing jadi jelema gede
Beunghar harta jembar hate
Jang hidep sing ngajalma
Turut parentah agama, ulah jauh tiulama
Nyobat sareng ahli tobat dalit sareng para kiyai
Hirup keuna ku owah gingsir
Ngarah aya nungageuing
Mangsa lengkah ninggang salah

Cing pinter tur bener
Cing jujur tong bohong
Ulah nganyerikeun batur
Ngarah hirup loba dulur

Raksa ucap lampah, tekad jeung tabeat
Ngarah  pinannggih bagja
Salamet dunya akherat
Jang…. Jang…. Sing jadi jalma soleh

Nah begitulah lirik lagu jang, meskipun ada sebagian dari yang mempopulerkan lagu tersebut sedikit berbeda liriknya, namun tidak apa-apa itu urusan mereka. Sangat menyentuh bukan jika diresapi isi dari lirik lagu tersebut, yaaaaaaahhhhhhh bagi yang mengerti bahasa sunda itu bakalan menyentuh dan menjadikan pepatah, tapi bagi yang tidak mengerti bahasa  sunda itu akan menyentuh tetapi mungkin akan keheranan dengan liriknya namun penasaran akan makna apa yang terkandung didalamnya.

Nah buat anda sekalian yang tidak mengerti bahasa sunda, jangan gundah dan jangan bingung sob saya akan menjelaskan makna dari lagu tersebut dalam versi bahasa Indonesia hehehe. Jadi begini, lagu tersebut berisi sebuah pepatah dari orang tua untuk anaknya, orangtuanya berpesan supaya anaknya tersebut bias berusaha sebaik mungkin dalam menjalanki kehidupannya, karena jalan kehidupan itu tidak selamanya mulus sob. Si orangtuapun berpesan pula bahwa kalau jadi orang itu jangan sombong, harus banyak bersyukur, pada saat diberi nikmat oleh yang maha kuasa, dan harus bersabar ketika diberi cobaan, dan harus senan tiasa mengingat sang pencipta supaya tidak menjadi orang yang kufur. Selain itu orang tuapun berharap anaknya bias menjadi orang yang sukses kaya akan harta dan kaya hati juga taat kepada sang pencipta. Maka dari itu orang tua berpesan untuk belajar tentang agama, bukan hanya tentang dunia, supaya mempunyai iman yang kuat. Dan dalam kehidupan itu harus bias jadi orang yang dipercaya oleh orang lain, jangan pernah saling menyakiti supaya mempunyai banyak rekan yang dapat saling membantu, jagalah setiap perkataan dan perbuatan supaya bias menjadi orang yang bahagia serta selamat di dunia dan akhirat.

Nah begitulah isi dari lagu “Jang” tersebut, bagaimana sob dalam banget kan maknanya, memang jarang banget remaja yang suka pop sunda, padahal kita terutamanya bagi orang kelahiran tanah sunda, pop sunda merupakan salah satu seni khas sunda yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi, ya salah satunya seperti makna lagu diatas, maka dari itu mari para remaja sekalian untuk berjuang dan bias menjadi seorang remaja yang menuruti dan bisa sukses seperti apa yang terkandung dalam lirik lagu tersebut, dan mari kita lestarikan budaya sunda, dengan “Ngamumule Basa Sunda”. Sampurasun Hehehe nuhun kange sadayana………….

NASEHAT UNTUK REMAJA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: In sepiring inovation

0 komentar:

Post a Comment